Senin, 11 April 2011

216 Personel Polres OKI Ikuti Psikologi

KAYUAGUNG, SRIPOKU.COM -– Sedikitnya 216 personel di jajaran Mapolres Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan, mengikuti tes psikologi kepemilikan senjata api (senpi) yang digelar Polres setempat. Bagi personel yang tidak lulus tes, maka senpi yang selama ini dipinjampakaikan akan ditarik, Senin (11/4/2011).

Tim dari bagian psikologi Polda Sumatera Selatan (Sumsel) dipimpin Kabag Psi AKBP Drs Ediya Kurnia MPsi didampingi Ipda Dwi Indra K mengatakan, tujuan dari tes psikologi yang dilakukan adalah agar senjata api yang dipegang oleh petugas polisi dapat digunakan sebagaimana mestinya, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.  
“Anggota polisi yang bisa memegang senjata api hanyalah, polisi yang dinyatakan lulus dalam tes psikologi. Agar kepemilikan senjata api di kalangan personel polisi tidak disalahgunakan,” kata Dwi.

Yang memegang senjata api hanya mereka yang emosinya stabil dan itu bisa diketahui dengan cara melakukan tes psikologi yang dilakukan hari ini. Demikian, bagi yang bisa menyelesaikan soal dari 8 materi itu dengan baik. Maka dinyatakan lulus.

”Yang jelas ada 8 materi yang harus diisi,” kata Dwi seraya berucap salah satunya yakni, tes gambar orang dan tes gambar pohon dan lainnya.
Para personel polisi yang mengikuti tes psikologi yang digelar di Mapolres OKI, semua merupakan personel polisi lapangan yang kesehariannya bertugas sebagai opersional lapangan. ”Polisi yang tes dari berbagai bagian dan satuan di tingkat Polres dan Polsek terdiri dari Intel, Samapta dan Reskrim,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres OKI AKBP Slamet Widodo SIk didampingi Kabag Humas Polres Ipda Ibrahim Effendi SH mengatakan, tes psikologi ini bertujuan agar semua personel polisi yang ada dilingkungan Polres OKI bisa lebih bersikap profesional dalam hal penggunaan senjata api,” kata Kapolres Slamet.

Menurut Slamet, tes psikologi kepemilikan senjata pai itu bisa dilakukan berkala setiap 6 bulan sekali. Mereka yang mengikuti tes kali ini yang sudah habis masa berlaku kepemilikannya, sehingga perlu memperpanjang lagi dengan mengikuti tes psikologi seperti ini serta permohonan baru pinjam pakai senjata api.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar