Jumat, 24 Mei 2013

Sisca Indah Pratiwi Putri Indonesia Lampung 2012

Bandarlampung  - Sisca Indah Pratiwi terpilih menjadi Putri Indonesia Provinsi Lampung 2012, setelah menyisihkan 10 finalis lainnya pada Grand Final Pemilihan Putri Indonesia Lampung 2012, di Graha Wangsa Bandarlampung, Jumat (29/6) malam.

Dalam Pemilihan Putri Indonesia (PPI) Lampung 2012 tersebut, juga terpilih Runner Up I, Lita Yuninda Siregar, Runner Up II, Isura Febri Hartati, Putri Persahabatan Miranti Veraliani, Putri Berbakat Sisca Maharani Adnyana, dan Ira Parucha Darwan terpilih sebagai Putri Favorit.

Sebelumnya, sebanyak 11 finalis disaring menjadi lima besar, setelah melalui proses penilaian oleh dewan juri selama masa karantina serta seleksi penjurian awal, seperti 'interview test', 20-21 Juni, di Kampus Informatics and Business Institute (IBI) Darmajaya di Bandarlampung.

Setelah itu lima besar peserta PPI Lampung 2012 tersebut pada grand final diharuskan menjawab pertanyaan dari ketujuh dewan juri, untuk dipilih lagi menjadi tiga besar.

Dewan juri pada Grand Final PPI Lampung ini adalah juri psikolog, Subekti, Syafariah Widiyanti, perwakilan Dewan Kesenian Lampung, Mega Angkasa dan Dwi Putri Yanti, juri perwakilan Mustika Ratu, juri bahasa asing, Bertha, juri etika Koymah Suwondo, serta Khany Suryajaya Suciono dari perwakilan AKNI.

Salah satu dewan juri, Dwi Putri Yanti mengatakan, pemenang dalam ajang PPI Lampung 2012 tersebut berkesempatan mewakili Lampung pada ajang Pemilihan Putri Indonesia tingkat nasional ke-17 yang akan digelar Januari mendatang.

General Marketing Mustika Ratu itu menyebutkan, pada tahun ini Pemilihan Putri Indonesia memiliki tema "Membangun Karakter Bangsa melalui Integritas dan Karya."

"Mudah-mudahan tahun ini, wakil dari Lampung dapat terpilih menjadi Putri Indonesia 2012, dan berkesempatan mengikuti ajang pemilihan yang lebih besar lagi, seperti Miss Universe atau Miss World," kata dia.

Ia menambahkan, keikutsertaan Putri Indonesia ke tingkat dunia diharapkan sesuai misi Yayasan Putri Indonesia (YPI), yaitu membawa nama Indonesia menjadi lebih harum lagi di dunia internasional.

Dalam ajang itu, dia juga menyebutkan para finalis yang tersaing harus memenuhi kriteria "3B", yaitu Brain atau kecerdasan, Beauty atau penampilan yang cantik dan menarik, dan Behaviour atau berperilaku baik.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Lampung, Gatot Hudi Utomo mengatakan, Pemilihan Putri Indonesia memiliki nilai strategis dalam mendukung dan mempromoskan provinsi yang merupakan daerah gerbang Sumatera ini.

"Saya merasa bangga dan mengapresiasi generasi muda peserta Pemilihan Putri Indonesia Lampung karena dapat berperan aktif dalam mempromosikan daerah ini," kata Gatot, saat memberikan sambutan mewakili Gubernur Lampung Sjachroedin ZP yang berhalangan hadir.

Dia mengatakan, ajang PPI Lampung 2012 itu merupakan bukti bahwa generasi muda memiliki visi untuk membangun daerah melalui sektor kepariwisataan, serta diharapkan dapat membuka ruang berkomunikasi dengan berbagai kalangan guna mempromosikan Lampung.

Ia juga meminta kepada Putri Indonesia dari Lampung yang terpilih, untuk dapat menjaga dan menjunjung tinggi nama baik daerah Lampung.

Menurut Putri Indonesia 2011 yang hadir pada acara tersebut, Maria Selena, daerah Lampung harus berani menonjolkan ciri khas untuk menarik perhatian nasional maupun dunia.

"Guna memajukan pariwisata di Lampung harus ada terobosan besar sekaligus pembenahan infrastruktur, baik sarana prasarana maupun akses menuju tempat wisata. Selain itu, juga bersikap terbuka terhadap investor pengembang objek wisata," kata dia.

Sebelumnya, pemilihan Putri Indonesia Lampung 2012 nyaris terganjal akibat adanya ancaman pengunduran diri dari beberapa finalisnya yang menuding juri dan panitia bersikap tidak "fair", namun panitia tetap meneruskan kegiatan itu hingga selesai di babak grand final.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar