Sabtu, 12 April 2014

Polisi Sebaiknya Juga Jaga Kesehatan Tubuh Sendiri


Pangkalpinang - Kapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Brigjen Pol Gatot Subyaktoro melalui Kabid Humas, AKBP Riza Yulianto kembali mengingatkan seluruh personil yang bertugas dalam Pengamanan (Pam) Pemilu untuk tetap menjaga kesehatan, terlebih kondisi cuaca akan menghantui sebanyak 2.534 personil yang dikerahkan mengawal kondusifitas Pemilu.


"Kapolda mengingatkan kembali seluruh personil harus memperhatikan kondisi fisik agar tetap berstamina prima dalam melaksanakan tugas Pam Pemilu. Terutama menghadapi kondisi perubahan cuaca yang terkadang panas dan seketika hujan. Pastikan mengkonsumsi makanan secara teratur dan asupan makanan yang tepat," sebut Kabid Humas, Kamis (10/4/2014) siang.


Disamping itu, seluruh jajaran pimpinan satuan kerja pun diperintahkan Kapolda untuk memonitor bawahan secara berkala. Dikarenakan upaya pencegahan dinilai lebih baik dibandingkan pengobatan. Selain menjaga kesehatan dengan makan asupan yang baik, ketahanan personil pun ditambah dengan multivitamin, istirahat yang cukup serta berolahraga yang teratur.


"Kapolda lebih menilai mencegah sakit lebih utama. Caranya makan teratur, minum vitamin, istirahat dan olahraga yang cukup. Hal tersebut pun wajib diawasi para pimpinan masing-masing personil. Sebaiknya diterapkan pengecekan rutin terhadap personil pengamanan, sehingga bersama kita mampu mensukseskan tugas," timpal dia.


Sejauh ini Polda Babel telah mempersiapkan diri dalam Pam Pemilu 2014. Mulai dari sarana dan prasarananya yang dipastikan siap beroperasi secara keseluruhan sampai dengan jumlah sebanyak 2.534 personil andalan dan dilaksanakan setiap jajaran tingkat Kabupaten dan Kota.


Polda Babel beserta jajaran Polres dan Polsek masih melaksanakan tahapan awal pada Pam Pemilu 2014 yang sudah memasuki masa penghitungan suara dalam Pileg. Adapun beberapa tahapan Pam Pemilu yang wajib dilaksanakan pihaknya yakni mulai dari tahapan pertama ialah masa kampanye sejak 11 Januari kemudian pada 16 Maret hingga 5 April sebagai masa kampanye akbar.


Diikuti tahapan kedua yaitu masa tenang berlangsung pada 6 hingga 8 April 2014. Kemudian tahapan ketiga ialah pemungutan suara pada 9 April 2014. Hasilnya kesemua tahapan tersebut diklaim Polda Babel aman dan terkendali karena tak ditemukan kericuhan pada masyarakat.


Selanjutnya tugas mereka mengamankan tahapan keempat yakni mengawal penghitungan suara hingga penetapan hasil suara mulai dari 10 April hingga 9 Mei 2014. Lalu tahapan kelima yaitu penetapan hasil Pemilu dengan periode 7 hingga 9 Mei 2014. Diteruskan tahapan keenam ialah perolehan jumlah kursi dan calon terpilih pada 11 hingga 18 Mei 2014.


Begitu juga dengan tahapan ketujuh yakni saat pengucapan janji anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tingkat Kabupaten dan Kota terpilih yang digelar Juli hingga Agustus 2014. Diakhiri tahapan kedelapan dengan pengucapan sumpah janji DPRD Provinsi yang berlangsung Agustus hingga September 2014 mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar