Minggu, 13 April 2014

Empat Rumah Ludes Terbakar Muara Dua

Empat rumah warga Desa Pulau Beringin Utara, Kecamatan Pulau Beringin, Kabupaten OKU Selatan, Kamis (10/4), rata dengan tanah, setelah dilalap sijago merah. Meksi tak menimbulkan korban jiwa, namun kerugain ditaksir mencapai Rp 1 miliar. Soalnya, seluruh harta benda keempat korban, tak satupun sempat diselamatkan. Api baru bias dikuasai dua jam kemudian, setelah warga bahu-membahu memadamkannya.

Camat Pulau Beringin Hisdan Kadis SIp mengatakan, empat rumah yang terbakar, yakni milik Darsuki, Supirman, Cik Umar, dan Unimah atau Aprian. Empat rumah ini rata dengan tanah tanpa menyisakan satu barang pun. Sedang tiga rumah lainnya terbakar bagian belakangnya, yakni milik Abrar, Aftahulah, dan Sri.

Informasinya, api diduga dari dapur atau dari pembakaran misal kompor gas atau kayu bakar. Bahkan, sempat mengeluarkan asap tebal, serta terdengar ledakan tabung gas. “Kalau yang kita tangkap dilapangan, katanya api dari dapur. Awalnya berasap dan tak lama terdengar bunyi ledakan tabung gas, sehingga api dengan cepat membakar rumah,” tutur Hisdan.

Karena rumah disekitar berupa rumah panggung dari papan, maka api tak bisa dikendalikan, dan baru bisa dipadamkan dua jam kemudian. Namun dampaknya, selain empat rumah ludes, tiga rumah warga lainnya ikut terbakar dibagian belakang.

“Selain empat rumah rata, ada tiga rumah dibagian belakang atau dapur juga ikut terbakar,” terang Hisdan. Sementara lanjutnya, mobil pemadam kebakaran yang diterjunkan dari Kecamatan Kisam Ilir, baru tiba sekitar pukul 12.00 WIB, setelah api bisa dikuasi 90 persen. ‘’Mobil baru sampe, api la sudah dikuasai 90 persen,” kata Hisdan.

Dikatakan Hisdan, jika di dalam empat rumah yang terbakar terdapat 7 kepala keluarga (KK). Saat ini 7 kepala keluarga mengungsi ke rumah kerabatnya. “Kita juga sudah melapor ke asisten I dan BPBD, serta membuat posko peduli bencana kebakaran untuk para korban,” kata Hisdan.

Ditambahkannya, jika empat rumah tersebut merupakan toko yang menjual berbagai peralatan dan perabotan rumah tangga. Akibat kebakaran, tak satupun barang dibagian bawah rumah panggung itu bisa diselamatkan. “Seluruhnya terbakar tanpa sisa,” tukas Hisdan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar