Minggu, 13 April 2014

Batam Primadona Investasi

Kota Batam masih menjadi primadona bagi para investor asing untuk menanamkan modalnya. Kamis (10/4) giliran investor Tiongkok asal Shanghai yang mengunjungi Batam dan melakukan penjajakan untuk berinvestasi di kawasan industri Kabil.

”Mudah-mudahan kunjungan investor asal Tiongkok ini, makin meningkatkan hubungan dagang antara Tiongkok dan Indonesia khususnya dengan Kepri,” ujar Gubernur Kepri HM Sani saat bincang-bincang bersama para investor Tiongkok tersebut di ruang VIV Pelabuhan Punggur, Batam. Mantan Bupati Karimun tersebut, mengatakan sangat menyambut baik rencana investasi yang akan dilakukan pengusaha Kota Shanghai tersebut ke Kota Batam.

Rombongan investor dari Shanghai tersebut diterima langsung Gubernur Kepri HM Sani, Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Robert Iwan Loriaux dan Asisten 1 Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Pemprov Kepri Syamsul Bahrum. Sedangkan rombongan investor sendiri dipimpin General Manager ZPMC Shanghai Zhenhua. Selain sejumlah perusahaan yang ikut melakukan penjajakan adalah Gebu Industry Company Fangfang Zhao, Komite China Dan Mei Wu, serta General Manager ZPMC South East Asia PTE LTD Singapura Wu Ning.

Sementara itu, turut menyambut kedatangan para investor asing itu adalah Presiden Indusdrtial Estate Chris Wiluan. Kedatangan investor Kota Shanghai tersebut, dalam rangka melakukan penjajakan investasi di bidang industri alat berat. Tepatnya industri pengeboran minyak lepas pantai oil rige. Mereka adalah pengusaha besar dari Kota Shanghai. Meski tertarik akan berinvestasi di Batam, sejauh ini belum ada nilai kontak investasi yang akan ditanamkan. Hanya saja, keseriusan mereka menanamkan modal tepatnya di daerah Kabil tersebut, ditandai dengan penandatanganan kontrak kerja sama.

Pada kesempatan tersebut, dilalukan penandatanganan kerja sama dilakukan perwakilan investor yakni Fangfang Zhao dengan Chris Wiluan selaku Presiden Direktur Kabl Industrial Estate. Nantinya, perusahaan investor Tiongkok tersebut akan beroperasi di derah Kabil. Sebagai bentuk keseriusan investor tersebut menanamkan modal di Kota Batam, mereka akan segera menindaklanjuti dengan segera membicarakan langkah ke depan guna merealisasikan rencana tersebut.

Selanjutnya, mereka juga secara khusus mengundang Gubernur Kepri untuk bisa melihat secara langsung industri mereka di Kota Shanghai. Mendapati ajakan tersebut, Gubernur berencana suatu saat nanti akan melihat langsung industri mereka di negaraTirai Bambu tersebut.

Usai membahas masalah investasi, rombongan selanjutnya bertolak ke Kementrian Perdaganan, terkait rencana mereka berinvestasi di Indonesia. Sebelum bertolak ke Jakarta, mereka terlebih dulu melihat-lihat kawsan industri Kabil didampingi Chris Wiluan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar