Jumat, 21 Juni 2013

Tumpahan Bensin Ludeskan 4 Rumah 14 Bedeng

ILIR BARAT I - Kebakaran hebat kembali terjadi di Jalan Radial, Lorong Melati II, RT 19/06, Kelurahan 24 Ilir, Kecamatan Bukit Kecl, Rabu (19/06), pukul 13.45 WIB. Karena kejadian itu, sedikitnya empat rumah dan 14 bedeng ludes dilalap sijago merah. Belum diketahui pasti asal api. Namun, kuat dugaan dari bensin yang tumpah di parit dan mengikuti arah air, hingga menimbulkan api dan membakar rumah dan bedeng warga. Api mulai membesar dan terlihat warga tak jauh dari rumah panggung dan bedeng milik Muhammad alias Abah.

Menurut warga sekitar, api tiba-tiba muncul dari parit yang tak jauh dari rumah Muhammad. ‘’Api itu tiba-tiba muncul, ado bau bensinnyo, api cepat besar, laju kami inisiatif dewek nyiram dengan air pake ember, tapi api terlalu besar, dak biso kami atasi,” jelas warga ini.

Akibatnya, satu rumah panggung dan 6 bedeng milik Muhammad. Bedeng sendiri ditempati Diding, Wawan, Eha, Lastri dan Hengki. Kemudian, satu rumah dan 5 bedeng milik Surip, namun bedeng ditempati Eko, Kuswo, Adi, Safii, dan Ridho. Lalu, rumah dan dua bedeng milik Yuni; terakhir rumah dan bedeng milik Paulina. Dari kejadian ini, setidaknya 15 Kepala Keluarga (KK) kehilangan tempat tinggal.

Saksi Lestari (30) mengatakan, seisi rumah ludes dilalap api. ‘’Waktu api besar, aku langsung berusaha mengeluarkan barang yang bisa diselamatkan. Sedang penghuninya lagi kosong, karena sidang ini biasanya sedang sibuk kerja. Kendaraan seperti motor sudah bisa diselamatkan, seperti perabotan rumah dan pakaian selama bertahun-tahun kami cari habis terbakar. Ini yang bisa kami selamatkan,” ungkap Lestari yang masih terlihat syok.




Sedangkan saat kejadian, Wawan pemilik rumah, Ita istri Wawan, tidak berada dilokasi, karena Wawan saat kejadian langsung membawa istrinya, ke rumah sakit, akibat terkena luka bakar dibagian kaki kanan. Menurut tetangga korban, sesaat sebelum kejadian itu yang berada di rumah hanya istri Wawan, yang sedang menuangkan bensin. Namun, diduga ada yang tumpah, hingga masuk ke parit.

Karena kejadian ini, api menghanguskan 4 rumah dan 14 bedeng. Api baru berhasil dipadamkan, setelah 12 unit mobil petugas BPBPK datang ke lokasi, sekitar 14.33 WIB. Kapolresta Palembang Kombes Pol Sabaruddin Ginting SIk MSi, melalui Kapolsekta IB I Kompol Budi Santoso SIk, didampingi Kanit Reskrim Ipda Sukono SH mengungkapkan, saat ini kita belum mengetahui pasti kejadian ini, karena sedang diidentifikasi. ‘’Semuanya sedang diselidiki. Untuk kerugian belum bisa ditaksir dan sementara hanya satu orang luka bakar,” katanya.

Sedangkan Ketua RT 19 Sumarno mengungkapkan, saat ini korban kebakaran sementara mengungsi di tempat sana saudara mereka. ‘’Kita akan lakukan pendataan dahulu, sementara kita hanya meminta sumbangan kepada para tetangga dan pengguna jalan yang melintas, untuk membantu para korban kebakaran,” tegasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar