Jumat, 21 Juni 2013

Cari PNS Dokter Paru



Dokter spesialis paru diyakini memiliki peran penting terhadap masalah kesehatan masyarakat. Keberadaan dokter paru menjadi alternatif utama untuk mengatasi masalah pernapasan. Ironisnya, tenaga dokter paru Lampung sangat minim. Provinsi yang memiliki 15 kabupaten/kota dan menjadi pintu gerbang Sumatera ini hanya memiliki 9 dokter paru!


’’Kita harus tambah. Meskipun sebetulnya, bukan Lampung saja yang mengalaminya. Sebab yang saya tahu, Jakarta saja masih belum tercukupi,” kata Sekretaris Provinsi Lampung Berlian Tihang usai membuka Kongres Nasional XIV Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) di Hotel Novotel Lampung kemarin.

Berlian mengatakan, dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan pernapasan masyarakat, tenaga spesialis paru perlu ditambah. Mengingat jumlah masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan paru per tahunnya mengalami peningkatan.

Terkait hal itu, dengan ditunjuknya Lampung menjadi tuan rumah Kongres Kerja Nasional PDPI, ia berharap momen ini dapat memberikan solusi terhadap peningkatan kualitas maupun kuantitas dokter spesialis paru.

Selain itu, Berlian berharap PDPI turut men-support pembentukan program spesialis paru. Salah satunya dengan bekerja sama perguruan tinggi. Dengan begitu, ada kemudahan bagi dokter yang baru tamat untuk mengambil program spesialis paru tersebut. ’’Kami juga akan usahakan dari CPNS tahun ini,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar