Senin, 11 April 2011

Lalat Serbu Rumah Warga di Kayuagung

Tiga Kelurahan di Kecamatan Kota Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan, mengeluhkan kembali bermunculan lalat hijau di rumah mereka. Binatang tersebut diduga muncul seiring dengan berkembangnya ternak ayam di pemukiman yang tidak jauh dari rumah warga, Senin (11/4/2011).

Ketiga kelurahan tadi yakni, Kelurahan Kedaton, Kelurahan Kotaraya dan Kelurahan Perigi yang terletak di Kecamatan Kota Kayuagung. Lebih lagi, saat musim panen ayam disertai musim hujan seperti sekarang ini, lalat tidak bisa dibendung dan tidak mengenal waktu, siang dan malam dipenuhi lalat.

“Sebenarnya Pak, upaya warga untuk mengusir lalat itu sudah banyak. Dengan cara menggunakan kertas lem maupun semprot tadi hanya membuat lalat mati. Tetapi, tidak berapa lama, lalat bermunculan lagi semakin banyak dan bertambah,” kata warga Kelurahan Kotaraya ketika menyaksikan acara perkawinan anak Sakir Jalan Sangabut.
Masih kata warga, sedikitnya ada 18 kandang ayam yang tidak jauh dari pemukiman rumah warga. Diakui warga, memang sebelum ada pengembangan pembangunan rumah, kandang ayam tersebut masih layak. Namun, sekarang sangat tidak layak lagi. Disusul dengan kurangnya perawatan di lingkungan kandang ayam.

“Keberadaan kandang ayam ini, sebenarnya sudah diketahui oleh pihak dinas peternakan. Tetapi hingga sekarang tidak ada tindak lanjut dari peternakan untuk melakukan pengecekan ke lokasi. Padahal, sudah jelas, kandang ayam tersebut sangat tidak layak lagi di era sekarang ini,” timpal warga Perigi Sangabut.

Sementara itu, Anggota DPRD OKI Sang Dewi Rusmin mengatakan, seharusnya kegiatan usaha itu menguntungkan orang tertentu dan jangan merugikan orang lain. Dan kalau memang ada warga yang mengeluh tentang keberadaan kandang ayam, yang menyebabkan banyaknya lalat. Maka dirinya bersama rekan di Komisi II akan memanggil dinas terkait untuk menyelesaikan masalah ini, karena ini penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar