Jumat, 21 Juni 2013

Bupati Lamtim Pimpin Upacara Peringatan Hari Otda Ke XVII



Sukadana - Bupati Lampung Timur (Lamtim), Erwin Arifin.SH.MH Bertindak selaku Pembina Upacara peringatan Hari Otonomi Daerah ke XIIV, bertempat di halaman Kantor Pemkab Lampung Timur, pada Senin (06/05). Hadir pada upacara tersebut, Sekda Lamtim, I Wayan Sutarja, SH.MM, Sekwan DPRD Lampung Timur, Asisten, staf ahli, kepala satker dan seluruh PNS (pegawai Negeri Sipil) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Timut.

Sambutan Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi yang dibacakan oleh Bupati Lampung Timur, Erwin Arifin.SH.MH mengatakan bahwa kapasitas penyelenggaraan pemerintahan daerah harus terus ditingkatkan sebagai konsekwensi perubahan lingkungan strategis, sehingga dapat kompatibel, tangguh dan handal dalam melakukan urusan-urusan dan fungsi-fungsi pelayanannya untuk semata-mata kesejahteraan masyarakat. Otonomi daerah pada dasarnya mempunyai dua tujuan utama yaitu tujuan demokrasi dan tujuan kesejahteraan. Dalam konsep Negara kesatuan, kekuasaan eksekutif dalam arti kekuasaan pemerintahan ada di tangan Presiden sebagaimana dinyatakan dalam UUD 1945. Selanjutnya kekuasaan pemerintahan yang ada di tangan Presiden tersebut sebagian diserahkan ke daerah dengan konsep otonomi daerah. Dengan demikian pemerintahan daerah menyelenggarakan sebagian kekuasaan pemerintahan yang menjadi domain kewenangan Presiden,”tutur Bupati Lampung Timur, Erwin Arifin.SH.MH.

Bupati Lampung Timur, Erwin Arifin.SH.MH menungkapkan, Tidak dipungkri bahwa kebijakan otonomi daerah telah menghasilkan banyak kemajuan, namun harus kita sadari juga bahwa masih perlu dilakukan pembenahan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah antara lain kompetensi SDM aparatur, sinergitas perencanaan pembangunan antar tingkat pemerintahan pusat, provinsi dan kabupaten/kota, pengelolaan keuangan daerah yang efisien, efektif, transparan dan akuntabel, peningkatan tata kelola pemerintahan. Selain itu, permasalahan hukum masih sangat intensif menghinggapi penyelenggaraan pemerintahan dan kondisi infrastruktur (jalan/jembatan, sekolah, air bersih, pelayanan kesehatan) di berbagai daerah yang masih memprihatinkan sehingga belum mampu mendukung kegiatan-kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat secara maksimal,”ungkap Bupati Lampung Timur, Erwin Arifin.SH.MH

Bupati Lampung Timur, Erwin Arifin.SH.MH menerangkan, implementasi kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah di Indonesia, sebut Mendagri, sebagaimana tertuang dalam UU Nomor 32 tahun 2004, dilakukan untuk memperkuat format Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), bukan dalam format merintis terbentuknya negara federal. Kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah kata dia diaplikasikan agar penyelenggaraan urusan-urusan pemerintahan baik yang wajib maupun pilihan dapat dikelola secara efektif dan dapat didayagunakan secara maksimal untuk mengakselerasi laju pembangunan di daerah. Penyelenggaraan pemerintah daerah harus terus ditingkatkan sebagai konsekuensi perubahan lingkungan strategis. Para penyelenggara pemerintah daerah dituntut lebih kompatibel, tangguh dan handal agar fungsi-fungsi pelayanannya kepada masyarakat dapat makin maksimal,”terang Bupati Lampung Timur, Erwin Arifin.SH.MH.

Bupati Lampung Timur, Erwin Arifin.SH.MH menambahkan, peringatan ini merupakan media bagi jajaran pemerintah dan pemerintah daerah untuk mereflesikan serta memeprkokoh tanggung jawab dan kesadaran bersama akan amanah serta tugas untuk memberdayakan prinsip-prinsip otonomi daerah dalam mewujudkan daerah menjadi lebih mandiri, maju dan sejahtera dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kebijakan Otonomi Daerah telah menghasilkan banyak kemajuaan, namun harus disadari juga bahwa masih perlu dilakukan pembenahan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah dan fakta-fakta yang harus disikapi bersama yaitu kompetensi SDM aparatur, Sinergitas Perencanaan Pembangunan, pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik,”tambah Bupati Lampung Timur, Erwin Arifin.SH.MH.

Mengakhiri sambutannya Bupati Lamtim meyampaikan Selamat Hari Otonomi Daerah semoga peringatan ini bukan merupakan rutinitas dan seremonial, namun peringatan ini dapat dijadikan sebagai momentum perbaikan dalam segala aspek sehingga tujuan kita secara bersama-sama untuk memakmurkan dan mensejahterakan masyarakat khususnya di Kabupaten Lampung Timur dapat segera terwujud "pungkas erwin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar